Final
Softskill Psikologi & Teknologi Internet
1. Penelitian
psikologi dan internet
a. Publikasi
online
Sebelum kita mempelajari
lebih lanjut mengenai apa sih publikasi online itu? Kita intip dulu pengertian
dari apa itu publikasi dan apa itu online,,,
Publikasi berasal dari
kata publish, publisis atau publistik yang berarti memberitahukan, mengumumkan,
menyiarkan. Menurut Ton Kertapati, dalam bukunya dasar-dasar publistik dalam
perkembangannya di Indonesia menjadi ilmu komunikasi bahwa istilah publistik
berasal dari kata kerja bahasa latin publicare yang berarti
mengumumkan. Dapat disimpulkan bahwa publikasi adalah pengumuman pada
masyarakat luas melalui media elektronik dan atau diterbitkan di media cetak.
Sedangkan Online adalah terhubung, terkoneksi, aktif dan siap
operasi, dapat berkomunikasi dengan atau dikontrol oleh computer. Online juga
dapat diartikan suatu dimana keadaan di mana sebuah device (computer) terhubung
dengan device lain. Dapat disimpulkan bahwa online adalah keadaan dimana
computer terhubung dengan computer yang lain yang dibantu oleh internet dengan
menggunakan perangkat modem, wifi atau lan.
Setelah kita mengetahui dari
masing-masing pengertian antara publikasi dan online, dapat ditarik kesimpulan
bahwa Publkasi Online adalah suatu informasi atau pesan atau
pengumuman dalam online atau diterbitkan atau di umumkan dalam dunia internet
melalui media elektronik.
b. Etika
dalam penelitian dengan menggunakan bantuan internet
Sebelum kita belajar
bagaimana etika dalam berinternet, alangkah baiknya kita ketahui Kata etika berasal
dari bahasa yunani kuno yaitu Ethikos yang berarti sesuatu yang timbul dari
kebiasaan hidup, etika juga dapat diartikan suatu peraturan tidak tertulis yang
mengatur benar atau salah, baik atau buruk dari suatu lingkungan hidup.
Setelah kita mengetahui apa
itu etika, sekarang kita belajar etikanya dalam berinternet, antara lain :
- Biasakan
mencantumkan sumber tulisan yang diambil pada tulisan anda, jika tidak
mencantumkan sumber maka sama saja disebut dengan plagiatisme. Suatu tulisan
yang terdapat sumber berasal makan menandakan bahwa tulisan yang dapat
dibuktikan kebenarannya dan akan meningkatkan kepercayaan para pembacanya.
- Menggunakan
inisial beserta bukti otentik, pada saat penulisan suatu kasus yang belum pasti
kebenarannya, sebaiknya nama orang yang terkait dengan kasus tersebut
diinisialkan dan saat menuliskan suatu kasus dalam suatu internet jangan lupa
menyertakan bukti-bukti yang otentik seperti foto, link tulisan sumber atau
berkas pendukungnya.
- Tata cara
menulis dengan baik, sopan dan sesuai dengan EYD, ini etika yang sangat penting
dalam penulisan di suatu media intrnet, tata cara bahasa yang mengikuti EYD
akan membuat tulisan kita akan dinilai baik dan jelas. Kesopanan juga hal yang
sangat penting dalam melakukan penulisan jangan sampai tulisan yang kita buat
akan mendatangkan masalah untuk diri kita sendiri.
- Menulis secara
factual (sesuai dengan fakta yang ada), jika ingin menuliskan sesuatu dalam
media internet pastikan bahwa kebenarannya sudah dipastikan atau sesuatu yang
sudah menjadi fakta bukan berupa suatu isu yang penyebarannya dari mulut ke
mulut.
- Tulisan berisi
kondisi yang sebenarnya (apa adanya), tidak ada unsure kebohongan agar
kepercayaan para pembaca tidak menurun.
- Baca kebijakan
blog provider secara seksama, untuk mencagah hal-hal yang tidak diinginkan
sebaiknya sebelum membuat suatu tulisan dalam blog terlebih dahulu membaca
kebijakan privasi blog provider karena privasi tersebut berisi peraturan yang
harus ditaati oleh pengguna atau user. Kemudian hal yang terpenting yang harus
diperhatikan dalam berinternet adalah :
- Tulisan
tidak boleh yang mengandung SARA
- Konten
yang mengandung pornografi baik dalam bentuk video ataupun gambar
- Tidak
boleh ada tulisan yang bersikap atau menunjukan menteror orang lain
- Tidak
boleh menggunakan terlalu banyak menggunakan huruf capital dalam penulisan
karena akan menunjukan teriakan
- Vandalism
yang dilakukan sengaja dan tidak bertanggung jawab
- Mengubah
dokumen asli tanpa seijin pemiliknya
- Tidak
bolah mendukung peredaran software crack yang dapat diunduh bebas
- Jangan
melakukan flood, maksudnya mengulang posting yang sudah dipostingkan.
c. Jurnal Penelitian
Jurnal yang di pakai adalah “Keamanan
Pada Jaringan WWW”
Pembahasan :
KEAMANAN SERVER
Server WWW menyediakan
fasilitas agar client dari tempat lain dapat mengambil informasi dalam bentuk
berkas (file), atau mengeksekusi perintah (menjalankan program) di server.
Fasilitas pengambilan berkas dilakukan dengan perintah “GET”, sementara mekanisme
untuk mengeksekusi perintah di server dapat dilakukan dengan “CGI” (Common
Gateway Interface), Server Side Include (SSI), Active Server Page (ASP), PHP,
atau dengan menggunakan servlet (seperti pernggunaan Java
Servlet). Kedua jenis servis di atas (mengambil berkas biasa maupun menjalankan
program di server) memiliki potensi lubang keamanan yang berbeda.
Adanya lubang keamanan di
sistem WWW dapat dieksploitasi dalam bentuk yang beragam, antara lain:
•
Informasi yang ditampilkan di server diubah sehingga dapat mempermalukan
perusahaan atau organisasi anda (dikenal dengan istilah deface1);
•
Informasi yang semestinya dikonsumsi untuk kalangan terbatas (misalnya laporan
keuangan, strategi perusahaan anda, atau database client anda) ternyata berhasil
disadap oleh saingan anda (ini mungkin disebabkan salah setup server, salah
setup router / firewall, atau salah setup authentication);
•
Informasi dapat disadap (seperti misalnya pengiriman nomor kartu kredit untuk
membeli melalui WWW, atau orang yang memonitor kemana saja anda melakukan web
surfing);
• Server
diserang (misalnya dengan memberikan request secara bertubi-tubi) sehingga
tidak bisa memberikan layanan ketika dibutuhkan (denial of service attack);
• Untuk
server web yang berada di belakang firewall, lubang keamanan di server web yang
dieksploitasi dapat melemahkan atau bahkan menghilangkan fungsi dari firewall
(dengan mekanisme tunneling).
Strategi Implementasi
a. Membatasi akses melalui
Kontrol Akses
Sebagai penyedia informasi
(dalam bentuk berkas-berkas), sering diinginkan pembatasan akses. Misalnya,
diinginkan agar hanya orang-orang tertentu yang dapat mengakses berkas
(informasi) tertentu. Pada prinsipnya ini adalah masalah kontrol akses.
Pembatasan akses dapat dilakukan dengan:
• Membatasi domain
atau nomor IP yang dapat mengakses;
• Menggunakan pasangan
userid & password;
• Mengenkripsi data
sehingga hanya dapat dibuka (dekripsi) oleh orang yang memiliki kunci pembuka.
b. Proteksi halaman dengan
menggunakan password
Salah satu mekanisme
mengatur akses adalah dengan menggunakan pasangan userid (user
identification) dan password. Untuk server Web yang berbasis Apache1,
akses ke sebuah halaman (atau sekumpulan berkas yang terletak di sebuah
directory di sistem Unix) dapat diatur dengan menggunakan berkas “.htaccess”.
c. Secure Socket Layer
Salah satu cara untuk
meningkatkan keamanan server WWW adalah dengan menggunakan enkripsi pada
komunikasi pada tingkat socket. Dengan menggunakan enkripsi, orang tidak bisa
menyadap data-data (transaksi) yang dikirimkan dari/ke server WWW. Salah satu
mekanisme yang cukup populer adalah dengan menggunakan Secure Socket Layer(SSL)
yang mulanya dikembangkan oleh Netscape.
d. Mengetahui Jenis Server
Informasi tentang web server
yang digunakan dapat dimanfaatkan oleh perusak untuk melancarkan serangan sesuai
dengan tipe server dan operating system yang digunakan. Seorang penyerang akan
mencari tahu software dan versinya yang digunakan sebagai web server, kemudian
mencari informasi di Internet tentang
kelemahan web server
tersebut. Informasi tentang program server yang digunakan sangat mudah
diperoleh. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan program “telnet”
dengan melakukan telnet ke port 80 dari server web tersebut, kemudian menekan
tombol return dua kali. Web server akan mengirimkan respon dengan didahuli oleh
informasi tentang server yang digunakan.
e. Keamanan Program CGI
Common Gateway Interface
(CGI) digunakan untuk menghubungkan sistem WWW dengan software lain di server
web. Adanya CGI memungkinkan hubungan interaktifantara user dan server web. CGI
seringkali digunakan sebagai mekanisme untuk mendapatkan informasi dari user
melalui “fill out form”, mengakses database, atau menghasilkan halaman
yangdinamis.
- KEAMANAN
CLIENT WWW
Dalam bagian terdahulu
dibahas masalah yang berhubungan dengan server WWW. Dalam bagian ini akan
dibahas masalah-masalah yang berhubungan dengan keamanan client WWW, yaitu
pemakai (pengunjung) biasa. Keamanan di sisi client biasanya berhubungan dengan
masalah privacy dan penyisipan virus atau trojan horse.
a. Pelanggaran Privacy
Ketika kita mengunjungi
sebuah situs web, browser kita dapat “dititipi” sebuah “cookie” yang fungsinya
adalah untuk menandai kita. Ketika kita berkunjung ke server itu kembali, maka
server dapat mengetahui bahwa kita kembali dan server dapat memberikan setup
sesuai dengan keinginan (preference) kita. Ini merupakan servis yang baik.
Namun data-data yang sama juga dapat digunakan untuk melakukantracking kemana
saja kita pergi. Ada juga situs web yang mengirimkan script (misal Javascript)
yang melakukan interogasi terhadap server kita (melalui browser) danmengirimkan
informasi ini ke server. Bayangkan jika di dalam komputer kita terdapat data-data
yang bersifat rahasia dan informasi ini dikirimkan ke server milik orang lain.
b. Penyisipan Trojan Horse
Cara penyerangan terhadap
client yang lain adalah dengan menyisipkan virus atau trojan horse. Bayangkan
apabila yang anda download adalah virus atau trojan horse yang dapat menghapus
isi harddisk anda. Salah satu contoh yang sudah terjadi adalah adanya web
yang menyisipkan trojan horse Back Orifice (BO) atau Netbus sehingga komputer
anda dapat dikendalikan dari jarak jauh. Orang dari jarak jauh dapat menyadap
apa yang anda ketikkan, melihat isi direktori, melakukan reboot, bahkan
memformat harddisk
2. Game Online
Nama Game : Happy Aquarium
Cara Bermain : Memelihara
ikan-ikan sampai dewasa dengan cara memberikan makan dan membersikan aquarim
tempat ikan tingal. Kita bisa juga menghias aquarium agar terlihat indah. Ikan-ikan
juga dapat di ajak bermain dan di kawinkan.
-
Dampak positif :
1.
Mengajarkan pada anak-anak bagaimana
memelihara ikan yang benar
2.
Lebih menyayangi binatang
-
Dampak negatif
1.
Anak-anak akan malas
2.
Boros
3.
Kesehatan fisik terganggu
Sumber :
http://desainwebsite.org/index.php/publikasi/156
http://blog.binadarma.ac.id/usman/2011/02/27/pengertian-online.html
http://rosdianasetiawan.blogspot.com/2012/10/etika-tata-cara-menulis-di-internet.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Publikasi
http://ekailaika.blogspot.com/2011/07/contoh-jurnal-jarkom-keamanan-pada.html
http://sdkhandoko.blogspot.com/2012/10/etikatata-cara-penulisan-yang-baik-di.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar