Halaman

Jumat, 19 Oktober 2012

Tugas 4 Psi & Tek. Internet

KOMUNITAS ONLINE

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagai lingkungan, umumnya memiliki keterkaitan dan habitat yang sama.
Komunitas online merupakan komunitas yang di satukan oleh kesamaan pekerjaan, hobi, atau faktor penyatu lainnya,  media integrasidan komunikasi sudah menggunakan internet. Biasanya, cakupan komunitas online ini lebih luas an global hingga ke seluruh dunia.
Komunitas online juga dapat membentuk suatu aksi sosial ditengah masyarakat. Aksi-aksi sosial yang dilakukan komunitas online ini pada umumnya merupakan kegiatan positif yang nyata dengan tujuan membuat suatu perubahan yang lebih baik didalam masyarakat. Beberapa contoh aksi sosial yang dilakukan komunitas online: Aksi berinternet sehat dan belajar ngeblog oleh BandungBlogVaganza, Aksi Gerakan Berbagi dan kampanye keselamatan berkendara oleh DBLOGGER, aksi mengumpulkan buku untuk disumbangkan oleh DOT’S.
Sosial media yang digunakan oleh komunitas online dapat menjadi kekuatan yang dahsyat melawan ketidakadilan,penyimpangan,dan kesewenang-wenangan hukum dan juga pemerintah yang berkuasa. Baru-baru ini kita melihat betapa dahsyatnya sosial media membentuk kekuatan massa, yang bisa menjatuhkan pemerintah yang berkuasa,seperti yang terjadi di Tunisia dan Mesir. Di Indonesia sendiri kekuatan aksi komunitas online sudah terbukti bisa melawan ketidakadilan dalam hukum,seperti yang terjadi pada Gerakan Koin Prita dan Gerakan dukung Bibit-Chandra.

Sumber :
oszuaccalytt.blogdetik.com/2011/03/04/komunitas-online-peranannya-dalam-masyarakat/


POLARISASI KELOMPOK

Kelompok adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang berinteraksi dan mereka saling bergantung (interdependent) dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tujuan bersama, meyebabkan satu sama lain saling mempengaruhi .

Polarisasi kelompok merupakan sebuah gejala lain dari pengambilan keputusan ialah adanya penggeseran keputusan yang menuju kepada keputusan yang ekstrim, yaitu keputusan yang beresiko tinggi atau keputusan yang rendah derajat resikonya.

Sumber :






KELOMPOK KERJA VIRTUAL

Kelompok Kerja adalah sekumpulan orang, terdiri atas 2 anggota atau lebih yang :
1.    Mempunyai tujuan yang sama
2.    Mempunyai kepentingan sama
3.    Saling bekerjasama
4.    Saling berhubungan
5.    Memiliki rasa ikut bertanggung jawab
6.    Saling tergantung satu dengan lainnya
Kelompok kerja virtual atau komunitas virtual adalah sekelompok orang yang media utama hubungannya adalah internet dan tidak mengandalkan pertemuan langsung secara fisik. Ada banyak media yang bisa dipakai untuk membentuk kelompok kerja virtual seperti chat room, forum, video, suara dan sebagainya.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar